Monday, July 16, 2007

Pengertian Adnsense...

Sejarah Singkat Google Adsense




Sebelum adanya program Adsense, ada 2 cara bagi para online marketer untuk mendapatkan penghasilan:

1. Menjadi Publisher untuk pemasangan iklan banner (Banner Ad); dan
2. Mengikuti Program Afiliasi (Affiliate Program)

Sekarang akan saya jelaskan satu per satu...

Menjadi Publisher Untuk Pemasangan Iklan Banner (Banner Ad)

Ada sebuah perusahaan seperti Value Click Media yang membuka jasa menjual ‘space’ iklan berbentuk banner untuk ditempatkan di jaringan mereka.

Banyak pemilik produk yang memasang iklan banner pada mereka. Pemilik produk ini disebut sebagai ‘Advertiser’ (pemasang iklan).

Nah, pemilik situs yang tidak memiliki produk seperti kita, bisa mendaftar ke Value Click Media untuk menyimpan banner-banner pemasang iklan untuk mendapatkan keuntungan. Posisi kita dalam hal ini disebut sebagai ‘Publisher’ alias bergabung menjadi jaringan Value Click Media.

Publisher menyimpan kode tertentu yang diberikan oleh Value Click Media di situs mereka, dan banner orang lain pun muncul di situs mereka secara otomatis.

Mungkin Pembaca pernah melihat iklan banner di Internet, seperti di Yahoo! atau tempat-tempat lainnya seperti iklan banner tentang dating, reunion, free screensaver, dll.

Seperti contoh iklan banner di bawah sering kita lihat di Yahoo!



Nah, Yahoo! pun, jangan salah, dia mendapatkan keuntungan dari pemasang iklan sekolah online tersebut. Si pemilik banner dia sebenarnya tidak langsung kontak ke Yahoo untuk banner nya di pasang di situs mereka, melainkan melalui pihak ke-3 seperti Value Click Media. Dan Value Click Media-lah yang mengatur banner mereka muncul di mana!

Dalam hal ini, Yahoo! pun berlaku sebagai ‘Publisher’.

Siapapun yang memiliki situs bisa berlaku sebagai Publisher seperti Yahoo! di atas. Tapi memang khusus untuk Value Click Media ini, mereka punya ketentuan untuk menjadikan sebuah situs bagian dari jaringan mereka. Biasanya mereka hanya akan menerima situs yang sudah banyak pengunjungnya atau traffic nya sudah cukup banyak!

Komisi pembayaran iklan banner untuk para Publisher diberikan dengan 2 cara, tergantung perusahaan yang menjadi ‘provider’ iklan banner, seperti Value Click Media. (Note: Di internet ini ada banyak provider iklan banner, Value Click Media merupakan salah satunya).

Cara pembayaran komisi iklan banner untuk Publisher:

  1. Berdasarkan Per 1,000 impression/kemunculan iklan.

    Maksudnya, kalau banner yang dipasang di situs kita itu sudah 1000 kali muncul kita baru mendapatkan bayaran. Ingat, 1000 itu bukan 1000 orang, tapi 1000 kali ‘muncul’. Contoh, kalau seseorang datang ke situs kita, dan banner itu muncul, maka itu dihitung sebagai 1 impression. Kalau dia ‘refresh’ halaman itu lagi, maka jadi 2 impression, dst.

    Pembayaran komisi bervariasi. Rata-rata Publisher mendapatkan komisi sekitar $20 per 1000 impression. Jadi jika seorang pemilik website mendapatkan 10.000 hit/impression maka dia akan mendapatkan komisi sebesar $200.
  2. Berdasarkan Per klik.

    Ada juga komisi yang diberikan berdasarkan per klik. Maksudnya, Publisher baru akan mendapatkan pembayaran jika ada orang yang meng-klik banner tersebut. Pembayaran komisi juga akan sangat bervariasi. Katakanlah sekitar 5 - 20 sen per klik. Tergantung iklan.

Menjalankan iklan banner bukan tanpa kendala, salah satunya adalah banyaknya iklan banner yang muncul dan tidak tertarget.

Misalnya, iklan tentang "VOIP" atau bahkan ‘Dating’ muncul di situs bertemakan ‘football’. Aduh, aneh sekali khan?

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan online yaitu melalui Affiliate Program (program afiliasi). Khusus untuk penjelasan yang satu ini Pembaca bisa membaca Modul, Video dan juga Audio-nya di menu Internet Marketing Main Modules!

OK, sekarang saya akan lanjut pada penjelasan sedikit tentang Google Adwords. Ini perlu saya jelaskan karena kemunculan Adwords inilah yang mendorong Google kemudian membuka Google Adsense.

Google Adwords

Adalah layanan pemasangan iklan ‘Pay Per Klik’ tertarget dari Google yang awalnya mereka simpan hanya di Search Engine mereka saja. Iklan Adwords ini hanya akan muncul jika seseorang mencari informasi tertentu melalui Search Engine mereka.

Contoh, jika kita mencari informasi seputar ‘cheap computer’ (komputer murah), maka akan muncul ‘sponsored link’ di bagian kanan seperti terlihat pada gambar di bawah:



Jika Pembaca mengetikan "Football", maka hanya iklan tentang "football" yang akan tampil pada pencarian tersebut, dsb. Nah, seandainya Pembaca meng-klik salah satu iklan sponsor tersebut, maka si pemasang iklan harus membayar Google untuk klik tersebut!

Munculnya Program Google Adsense

Setelah meluncurkan Google Adwords, langkah selanjutnya yang dilakukan Google adalah membuka program Google Adsense.

Google kini memberikan kesempatan kepada para pemilik situs untuk menempatkan iklan Adword di situs mereka.

Dengan kata lain, kita sebagai pemilik situs, bisa mendapatkan keuntungan dari setiap klik pada iklan Adwords yang dilakukan oleh pengunjung situs kita!

Robot Google akan menganalisis setiap teks yang ada di setiap halaman situs kita dan secara otomatis robot akan mengirimkan iklan yang sesuai dengan tema halaman situs kita!

Misalnya situs kita tentang ‘meja’, maka iklan yang muncul secara otomatis akan seputar meja atau furniture misalnya. Atau situs kita tentang pernikahan, maka iklan yang muncul pun akan berhubungan dengan pernikahan, dsb.

Lihat contoh situs Adsense di bawah! Tema situs adalah tentang pernikahan (wedding), maka iklan yang muncul pun seputar pernikahan (saya lingkari dengan warna hijau)!



Saya hanya tinggal menyimpan ‘kode’ yang diberikan dari Google, dan si robot akan secara otomatis membaca ‘tema situs saya tentang apa’, dan dia akan memberikan iklan yang berhubungan!

Kelebihan Menjalankan Program Google Adsense

Saat ini, Google Adsense merupakan pilihan paling menarik yang bisa dijalankan oleh SIAPA SAJA yang memiliki website sendiri.

Banyak alasan kenapa kita patut melirik peluang yang satu ini dalam memulai bisnis online.

11 Alasan Kenapa Kita Ingin Mengikuti Program Google Adsense:

1. Lebih Fokus Membuat Konten

Dengan menempatkan iklan Adsense, bisnis online akan lebih mudah untuk dijalankan. Kita tidak perlu berhubungan dengan ‘customer support’ atau melayani para pelanggan karena selebihnya sudah diatur oleh Google, sehingga kita bisa lebih fokus memperbaiki dan menambah konten, atau bahkan membuat website baru.

2. Iklan yang Tertarget

Kita tidak perlu khawatir terhadap iklan yang akan ditempatkan di situs kita. Dipastikan kumpulan iklan pasti akan sesuai dengan tema situs kita.

Dengan munculnya iklan yang tertarget ini, maka bisa meningkatkan ‘Click Thru Rate’ pengunjung pada iklan Adsense yang ada di situs kita, karena iklan berhubungan dengan apa yang mereka cari.

Sebelum Google Adsense muncul, untuk mendapatkan iklan tertarget, para pemilik situs perlu secara manual mencari program affiliate yang sesuai dengan konten.

3. Komisi Setiap Bulan

Google adalah perusahaan dengan keadaan keuangan yang sangat baik, maka kita tidak perlu khawatir terhadap masalah pembayaran. Dipastikan setiap bulan kita akan mendapat komisi sesuai hak kita.

4. Kumpulan Iklan yang Tidak Mengganggu

Tidak seperti iklan banner, Iklan Adsense tidak akan mengganggu pengunjung, karena berbentuk teks link!

Malahan, dikarenakan iklan yang tampil tertarget sesuai topik situs, justru ini akan bermanfaat bagi pengunjung.

5. Kendali atas tampilan iklan

Google memberi kita kemungkinan untuk melakukan perubahan terhadap warna, atau bentuk iklan yang berbeda. Sehingga kita bisa menempatkan iklan dengan berbagai jenis tampilan (layout) berbeda tanpa perlu mengubah desain situs.

6. Mudah dan cepat

Menempatkan iklan Adsense tidaklah sulit, cukup login, membuat kode Adsense, lalu copy paste di website, tunggu sesaat, dan iklan Adsense pun akan muncul!

7. Adanya reporting tools

Google men-tracking setiap informasi yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan penghasilan kita. Salah satunya dengan menggunakan "channels", kita bisa tahu iklan mana yang menghasilkan dan mana yang tidak.

8. Cukup Daftar 1 Kali

Meski kita memiliki ratusan website, kita hanya perlu daftar 1 kali, dan ‘kode’ yang kita dapatkan bisa kita simpan hingga di 200 situs kita lainnya!

Dan tentu saja, meski ke-200 situs kita itu beda-beda topiknya, jangan khawatir, robot Google yang akan mengatur iklan apa yang susuai untuk situs kita! Asyik bukan? :-)

9. Melakukan Block Terhadap Pesaing

Kalau kita punya saingan, dan tidak ingin iklan saingan kita muncul di situs kita, Google memberikan alat yang memungkinkan kita untuk memblock iklan mereka.

10. Jaringan Iklan Yang Sangat Luas

Ratusan bahkan mungkin jutaan orang beriklan di Adwords, sehingga iklan akan selalu ada! Bahkan untuk niche terkecil sekalipun.

11. Keuntungan yang tidak Terbatas

Sejujurnya, ini adalah alasan yang paling mendorong minat banyak orang untuk menjalankan Adsense. Jika ditanya berapa banyak uang yang bisa dihasilkan, kemungkinannya adalah tidak terbatas! :-)

Tentu saja saya tidak menjanjikan berapa banyak uang yang bisa dihasilkan Pembaca melalui Adsense, itu semua akan tergantung beberapa faktor, seperti: topik situs, target market, content, traffic yang didapatkan, dll.

Seseorang bisa berpenghasilan mulai dari $0, ratusan, ribuan, bahkan hingga miliaran dari Adsense!

Apakah ada panduan-interneters yang sudah berpenghasilan besar dari Google Adsense? Ada! Dia dari Surabaya. Maaf, beliau tidak bersedia disebutkan namanya.

Satu hari dia mengkontak saya "Saya terima kasih telah mengajar saya", dia lalu memberikan ‘username dan password’ nya kepada saya untuk melihat berapa penghasilan dia dari Adsense!

Mata saya cukup terbelalak, penghasilannya dari Adsense telah mencapai ribuan US dollar!

Apa rahasianya dia berpenghasilan besar? Dia teliti sejak tahap awal. Dia teliti saat melakukan riset target market dan menentukan topik situs!

Pada saat saya Seminar juga ada panduan-interneters yang mendatangi saya dan mengaku telah berpenghasilan ada yang $100 s/d $600 per bulan. Saya yakin pasti ada panduan-interneters lainnya juga yang sudah berpenghasilan lumayan dari Adsense, cuma mereka memilih untuk diam-diam kali yee... ;-)

Prospek Adsense di Masa Depan

Banyak orang percaya program Adsense mempunyai masa depan yang cerah karena tidak terjebak oleh berbagai kendala yang kerap kali dialami oleh iklan dalam bentuk lain seperti iklan banner yang seringkali tidak tertarget.

Satu-satunya kendala yang perlu Google waspadai dari Adsense adalah adanya klik fraud.

Tapi untungnya, Google telah menangani hal ini dengan serius dan memberi sangsi untuk setiap orang yang menurut Google telah melanggar peraturan.

Sebagai informasi untuk Pembaca, account Adsense saya sendiri ditutup karena di situs saya telah terjadi klik fraud. Ada orang Indonesia yang datang ke situs saya di www.TheBestAffiliate.com dan dia mengklik Adsense saya dalam satu menit hingga 800 kali! :-( Saya pun tidak tahu bagaimana dia melakukan hal itu, mungkin jarinya ada 1000 :-)

Saya tahu, tujuan dia ingin agar Google menyangka telah ada klik fraud di situs saya. Dan memang tiada ampun, Google pun akhirnya menutup account saya secara sepihak! Ouch! Saya pun kehilangan ratusan juta penghasilan saya setiap bulan dari Google!

Yaah.. begitulah, kadang saya tidak mengerti orang Indonesia. :-)

Yang lalu biarlah berlalu... biarin orang menyakiti, yang penting rejeki ngalir terus! ;-)

Nah, saya hanya bisa memberi nasehat pada Pembaca untuk tidak terlalu terbuka pada orang lain situs apa saja yang Pembaca miliki. Kecuali mereka memang target market Pembaca. (Kalau Pembaca mau lihatin situs Adsense nya ke Saya boleh saja sih, yang jelas Saya tidak akan melukai muridnya) ;-)

OK Pembaca! Sampai di sini perkenalan seputar Google Adsense. Jika Pembaca tertarik dengan program Adsense, sekarang waktunya Pembaca untuk mulai belajar! :-)

Silakan Download modul utama seputar Adsense dari saya di bawah!


No comments: