Monday, July 16, 2007

“Search Engine Optimization” (SEO) Bagian Ke-3

Tip #1 Tips Mencari Link Partners
Di Modul SEO ke dua saya sudah membahas tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan saat melakukan ‘Off-Page Optimization’, dan panduan-interneters sudah mengerti.
Juga dalam modul tersebut saya sempat katakan, usahakan untuk mendapatkan link partners dengan Page Rank minimum 3.
OK! Sekarang kita bahas bagaimana mencari Back Link dengan Google Page Rank minimum 3.
Banyak pemula yang mengaku, begitu sulit mencari situs yang memiliki Page Rank yang tinggi dan mau nge-link dengan situs mereka yang masih baru dan Page Rank nya masih 0. Duh.. kacian deh lu... ☺
Tapi tidak apa-apa. Saya pun pernah mengalami hal yang sama. Nah, kalau panduan-interneters merasakan hal di atas, saya sarankan untuk menyicil dengan mulai mencari Back Link yang memiliki Page Rank minimal 1 dan 2. Asal jangan nol!
Penting: Tidak semua pemilik situs menyediakan halaman untuk ‘link exchange’. Banyak pemilik situs yang merasa tidak perlu untuk memiliki halaman link partners ini dan mereka tidak bersedia untuk bertukaran link dengan pemilik situs lain.
Nah, yang harus kita cari adalah mereka yang memiliki halaman situs untuk ‘link exchange’. Biasanya mereka memberi halaman tersebut dengan nama di antaranya sebagai berikut: links, resources, link partners, link exchange, atau link swap.
Jadi sebelum mengundang pemilik situs untuk dijadikan link partners, pastikan dulu, apakah mereka menerima link exchange atau tidak. Perhatikan situsnya, apakah ada halaman dengan nama links, resources, link partners, link exchange, atau link swap.
Kalau tidak ditemukan, kemungkinan besar mereka memang tidak menerima Link Exchange. Jadi, ini hanya akan membuang waktu kita untuk mengajaknya bertukar link dengan kita.
Penting: Sering saya temukan sebuah situs yang menawarkan kepada kita untuk menempelkan banner atau sekadar link mereka di situs kita. Biasanya mereka menyebutnya dengan ‘Recommend Our Site”. Mereka minta kita untuk membuat situs kita nge-link pada situs mereka, tapi mereka tidak menyebutkan akan nge-link balik ke situs kita. Hmm... ini situs egois namanya, jadi tinggalkan saja! ☺

Di pihak lain, seandainya kita menemukan situs yang menyediakan halaman khusus untuk ‘Link Exchange’, maka sebelum mengundangnya untuk dijadikan Link Partners, lihat dulu halaman ‘link partners’ situs mereka. Apakah halaman link partners mereka memiliki Page Rank yang cukup? Katakanlah halaman Link Parters mereka memiliki Page Rank 2 atau 3, lalu apakah di sana ada banyak link partners yang lain?
Nah, kalau sudah okay alias memenuhi persyaratan, kita bisa mulai mengundang mereka untuk bertukeran link dengan situs kita!
Sebelum mengundang, usahakan kita sudah menambahkan link situs mereka terlebih dahulu di halaman situs yang kita buat khusus untuk link partner kita! Hal ini biasanya akan memancing calon link partners untuk nge-link balik ke situs kita. Tunggu dalam jarak 1 – 2 minggu, dan lakukan follow up. Kalau masih belum nge-link balik ke situs kita, kita hapus saja link mereka dari situs kita.
Ingat, jika kita berhasil memiliki Back Link dari halaman yang memiliki Page Rank yang bagus, maka secara otomatis situs kita akan ‘mendapatkan bagian’ atas ranking/Page Rank dari halaman tersebut.
Memang, hal inilah yang menjadi alasan kenapa sulit bagi situs baru untuk mendapatkan Back Link dengan Page Rank tinggi. Umumnya situs dengan Page Rank tinggi dan pemiliknya mengerti tentang off-page optimization, mereka tidak akan mau nge-link ke website lain yang masih baru. Sebab, mereka tahu, Page Rank halaman mereka akan dibagi-bagi.
Tapi tenang…. sebenarnya tidak semua pemilik situs mengerti tentang pembagian Page Rank ini. ☺ Tidak jarang saya menemukan pemilik situs yang memiliki Page Rank tinggi, tapi dia mau saja tukeran link dengan situs yang Page Rank nya Nol. Itu menunjukkan si pemilik situs tidak paham tentang Off-Page Optimization. ☺
Ada juga pemilik situs yang memiliki Page Rank tinggi, dan mengerti tentang Off-Page Optimization, dia mau menolong situs baru yang Page Rank nya masih nol, dengan imbalan link situs mereka harus kita simpan di ‘halaman utama’, bukan di halaman link partner yang telah kita sediakan.
Tapi sekali lagi, meski demikian, kita harus tetap waspada, perhatikan di mana link kita akan dia simpan. Bila link kita di simpan pada halaman yang Page Rank nya 0, maka akan percuma.
Meski kelihatannya agak sulit dan rumit untuk mencari link partner ini, tapi percaya deh, di luar sana lebih banyak pemilik situs yang tidak paham soal Off-Page Optimization! Jadi jangan menyerah untuk mencarinya! Dan ingat, usahakan untuk selalu mencari situs di mana topiknya berhubungan dengan topik situs kita. ☺

Di pihak lain, meskipun mencari Back Link dengan page rank di atas 4 itu memang agak sulit, namun kalau kita memiliki situs yang benar-benar bagus, bukan tidak mungkin ada situs yang memiliki page rank tinggi mau nge-link ke situs kita dengan sendirinya!
Jadi, bangunlah terlebih dahulu situs yang benar-benar bagus dan optimal, baik dari segi keunikan kontent ataupun dari segi on-page optimization. Setelah itu, baru kita mencari link partner yang memiliki page rank tinggi dan diharapkan mau nge-link balik ke situs kita.
Di bawah adalah contoh email yang baik untuk calon link partners kita:
Dear,
My name is John Smith. I am seeking out possible link partners that our visitors would be interisting in visiting. I’ve found your website to be a very good fit for our visitors.
I have already gone ahead and added your link to our website at: http://www.NamaDomain.com/linkpartners.htm
I am contacting you to see if it is ok to have done so. Also, I would like to ask if you mind linking back to us ? if so, please use the linking details below and send me the location of our link on your website.
Here is our linking details :
Title : ( isi dengan kata kunci yang menjadi target market kita)
Description : (tuliskan deskripsi situs di sini )
URL : http://www.NamaDomain.com
I hope this can be a way for us to benefit our visitors with excellent content. Hope to hear from you soon.
John Smith
www.NamaDomain.com




Tip #2
SEO Elite: Alat Pembantu Yang Sangat Direkomendasikan Untuk Mencari Link Partners
Setelah tahu langkah-langkah Off-Page Optimization, mungkin sebagian panduan-interneters ada yang berfikir begitu rumitnya ternyata untuk SEO bagian ke-2 ini. Apa ada cara lain yang bisa mempercepat proses untuk pencarian Back Link ini?
Bayangkan saya harus mengetikkan banyak kata kunci yang berhubungan, terus mengunjungi situs-situs lain yang berhubungan satu per satu dan memeriksa Page Rank mereka, lalu mencari tahu apakah mereka menerima Link Exchange atau tidak, mengirim email kepada mereka, tunggu jawaban, lakukan follow up, dan lain-lain. Pokoknya pusink deh! ☺
Banyak panduan-interneters yang sibuk, dan tidak punya banyak waktu untuk mencari link partners atau melakukan Off-Page Optimization. Di lain pihak, kalau ingin mendapatkan traffic gratis dari Search Engine, maka membangun situs berdasarkan SEO merupakan suatu keharusan, karena hal ini bisa memberikan investasi yang baik di masa yang akan datang.
Seperti situs saya www.TheBestAffiliate.com, situs tersebut sudah SEO friendly. Apa yang terjadi? Meski saya tidak berpromosi, dan tidak melakukan apa-apa, tapi traffic terus datang setiap hari dan penjualan tetap ada. Kalau saya tidak membuat situs saya berdasarkan SEO, saya tidak akan mendapatkan penjualan apapun dari situs itu, kecuali saya berpromosi dan mengeluarkan uang.
Jadi bagi saya ‘bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian’ ini cocok untuk kegiatan SEO!
Terus terang, saya termasuk orang yang malas untuk mencari calon Link Partners yang bisa diajak untuk bertukeran link (Link Exchange). Bagi saya, yang namanya berhubungan dengan sesama manusia itu seringkali jauh lebih rumit daripada kita harus memecahkan masalah dengan sebuah barang atau benda.
Bayangkan, sudah cape-cape kita mencari calon link partners melalui Search Engine dengan mengetikkan kata kunci tertentu yang berhubungan dengan target market kita, kemudian mengunjungi situs mereka satu per satu untuk mengetahui apakah mereka termasuk link partners potensial berdasarkan kriteria yang ada atau tidak.



Setelah mengirim email undangan kerja sama untuk melakukan Link Exchange, saya berharap dapat jawaban yang positif, tapi kadang saya mendapatkan penolakan dari mereka.
Soal ditolak mungkin tidak apa-apa… karena sudah biasa! Haha ☺
Tapi yang membuat saya kesal karena waktu yang saya habiskan untuk melakukan riset, untuk meneliti apakah situs mereka termasuk calon link partners yang potensial atau tidak, bisa memakan waktu berhari-hari. Saat saya ajak mereka melakukan Link Exchange, eh malah ditolak.
Kesimpulan: Nasib..nasib… ☺
Hal tersebut bisa terjadi dan kemungkinan besar terjadi pada setiap orang, termasuk pada panduan-interneters. Rasanya ‘be-te’ deh kalau kita sudah kerja cape-cape terus ditolak. ☺
Sekarang, kabar gembira…!
Ada sebuah alat yang bisa membantu kita mencarikan link partners secara otomatis.
Sebenarnya alat ini tidak sepenuhnya berjalan otomatis. Saat mengundang calon link partners, tentunya kita harus melakukannya sendiri karena kegiatan yang satu ini berinteraksi dengan manusia dan software tidak bisa melakukannya. ☺
Tapi bagaimanapun ‘sebagian besar’ tugas kita untuk kegiatan Off-Page Optimization bisa dilakukan oleh alat ini.
Saya tidak main-main. Ini merupakan salah satu software paling bagus yang pernah saya beli. Alatnya memang cukup mahal, tapi sangat menghemat waktu.
Pengalaman saya, untuk mencari 1 atau 2 link partner potensial secara manual, saya harus mengunjungi puluhan bahkan hingga ratusan situs terlebih dahulu. Kalau mencari link partners ‘asal-asalan’ setiap orang bisa menemukan puluhan link partners setiap hari, tapi ingat kriteria yang saya berikan. Untuk mencari mereka itu tidak begitu mudah, seringkali perlu waktu berhari-hari!
Nah, sementara dengan alat ini, kita hanya perlu mengisi data yang diperlukan, seperti topik situs kita apa, halaman dengan Page Rank berapa yang kita inginkan dari calon Link Partners, situs mana yang cocok dijadikan link partners untuk situs kita, DAN situs-situs tersebut memang menerima untuk pertukaran link atau link exchange. Plus banyak hal lainnya yang sangat detil yang bisa alat ini berikan, termasuk kontak informasi calon link partners yang bisa kita hubungi, dan lain-lain.



Pokoknya setelah memasukkan data-data yang diperlukan, kita tinggal melakukan satu kali klik dan biarkan alat ini membantu kita untuk mencari link partner yang cocok untuk situs kita, hingga ratusan bahkan ribuan dalam kurun waktu yang sangat cepat!
Kita bahkan bisa menentukan, misalnya…. ‘saya hanya ingin situs yang memiliki Page Rank 4 atau lebih dan memiliki halaman link exchange saja’. Software ini akan membantu kita untuk mencari apa yang kita inginkan, tanpa kita harus melakukan riset sendiri melalui Search Engine dengan mengklik satu per satu situs calon link partners. Ini bisa memakan waktu hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu!
Saya bisa katakan, pekerjaan yang biasa kita lakukan selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu, bisa diselesaikan oleh alat ini kurang dari 1 jam!
Sangat menghemat waktu bukan? ☺
Jadi, alat inilah yang akan mencarikan kita calon Link Partners potensial, dan kita tinggal menghubungi mereka!
panduan-interneters mungkin sudah tidak sabar ingin mengetahui nama alat ini dan di mana bisa membelinya!
Nama alat: SEO Elite!
Harga: Saat saya menulis modul ini harganya $167
Situs: www.panduan-internet.blogspot.com/seo-elite ;-)
Memang alat ini harganya cukup mahal. Tapi kalau panduan-interneters berniat membuat banyak situs di kemudian hari, seperti situs untuk Google Adsense, saya sangat merekomendasikan untuk memakai alat ini untuk mencari link partners yang potensial.
Kalau traffic sudah mulai berdatangan ke situs kita, saya yakin $167 itu pasti cepat kembali. Jadi, anggaplah alat ini sebagai INVESTASI untuk mendapatkan traffic gratis di kemudian hari!
Kalau dipikir-pikir, jika kita harus mencari link partners potensial untuk setiap situs kita, harus berapa puluh jam kita menghabiskan waktu? Berapa pula biaya untuk sambungan internet?
Bagi saya (tidak tahu bagi Anda) mengeluarkan $167 itu lebih efisien untuk waktu saya mencari link partners daripada harus melakukannya secara manual satu per satu.



“Ahira, software itu bisa memberikan kita calon link partners dengan cepat, bagaimana dengan Google Sandbox? Katanya kalau terlalu cepat kita bisa masuk ke dalam Google Sanbox?”
Jawaban saya tiada lain: “Do it smart way”.
Kita memang bisa mendapatkan ratusan calon link partners potensial secepat kilat dengan alat ini. Tapi jangan langsung dihubungi semua lah… satu-satu, dan diatur jadwalnya. Misalnya tambahkan 3 hingga 10 link partners per minggu.
Nah, karena alat ini bisa mencari link partners potensial dengan cepat, kita khan jadi bisa mengerjakan hal lain, dibandingkan menghabiskan waktu hanya untuk mencari link partners secara manual. Bandingkan saja, kalau kita harus mengerjakannya secara manual, jadi banyak hal lain yang tertinggal.
Saya paham, tentunya tidak semua panduan-interneters bisa membeli alat ini. Tapi bukan berarti ‘kiamat untuk bisnis online Anda’. Toh kita memang masih bisa melakukannya secara manual. Di sini hanya masalah keefesienan waktu saja.
Kalau panduan-interneters memang punya banyak waktu, dan tidak menjadi masalah mengklik puluhan atau ratusan situs terlebih dahulu untuk mencari link partners potensial, ya lakukanlah secara manual. Hanya ingat, kendala lain yang mungkin kita hadapi bila melakukannya secara manual adalah kita akan kehilangan ‘fokus’.
Bagaimana kita bisa hilang fokus?
Saat kita mencari link partners secara manual, kita akan mengunjungi banyak situs orang lain. Kemungkinan besar kita akan baca sana, baca sini, dan akhirnya ‘melenceng’ dari tujuan semula untuk mencari link partners, malah jadi melakukan hal lain. Ini biasanya yang terjadi, dan saya pun pernah mengalaminya. ☺
“Tapi khan harga softwarenya mahal….. kira-kira, boleh nggak kita saweran untuk membeli alat ini… katakanlah $167 dibagi untuk 5 – 10 orang?”
Penting: panduan-interneters tidak akan bisa ‘saweran’ untuk membeli/ menggunakan software ini. Misalnya Anda minta saya untuk membelinya, dan lalu kita bagi dua dan memakainya di komputer yang berbeda.
Lupakan untuk berbuat curang! ☺ Pemilik software ini pemikirannya lebih canggih. Dia mengunci setiap software-nya dan hanya bisa dijalankan di satu komputer saja!



Jangankan untuk digunakan pada komputer di tempat yang berbeda dan berjauhan, di Markas panduan-interneters.blogspot.com saja ada sekitar 18 komputer dan jaraknya berdekatan, saya tidak bisa ‘passing around’ software ini ke komputer yang lain!
Jadi kalau panduan-interneters mau membelinya, pastikan untuk mendownload-nya di komputer yang betul-betul akan dipakai untuk menjalankan program SEO Elite ini.
Lagipula, kata mama, kalau ingin maju kita harus jujur. Kalau belum ada dana untuk alat ini, ya jangan dipaksakan. Tapi usahakan alat ini masuk ke dalam ‘daftar barang yang harus dibeli’.
Terlepas dari saya menggunakan affiliate link milik saya atau tidak, saya tetap menyarankan panduan-interneters yang serius terhadap SEO untuk memiliki alat ini!
Untuk lebih jelas lagi apa yang bisa alat ini lakukan, kunjungi: www.panduan-internet.blogspot.com/seo-elite dan lihat demo video nya di sana.



Tip #3
Cara Cepat Untuk Mendapatkan “One Way Link Back”
Ada cara yang bisa mempercepat kita dalam proses pencarian link partner yang berkualitas tanpa harus cape-cape, yaitu dengan membeli link dari situs yang mempunyai page rank tinggi. Hal ini bisa kita lakukan dengan mengunjungi beberapa situs yang menawarkan jasa penjualan link, di antaranya adalah :
• http://www.textlinkbrokers.com
• http://www.text-link-ads.com
• http://www.linkadage.com
Namun biaya untuk membeli link ini cukup mahal. Satu domain bisa mencapai $150 untuk satu bulan saja. Selain harganya yang mahal dan sifatnya yang sementara (jika kita ingin memiliki link partner yang berkualitas, maka setiap bulannya kita harus melakukan pembelian link ini lagi). Oleh karenanya, saya lebih menyarankan panduan-interneters untuk melakukannya secara manual saja atau dibantu dengan alat seperti SEO Elite, walaupun memerlukan waktu tapi bisa bersifat lebih permanen untuk jangka waktu yang lama.
Pembelian link ini memang menjamin situs kita cepat di-index oleh Google bahkan dalam kurun waktu 24 jam, tapi tidak bisa menjamin bahwa kita akan dengan mudah atau cepat mendapatkan traffic gratis. Google tidak pernah mempermudah situs baru bisa semudah itu mendapatkan traffic gratis dari mereka!
Ingat, tujuan kita bukan hanya ‘di-index’ di Search Engine mereka, melainkan di-index plus muncul pada saat seseorang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu. Dan ini, sekali lagi, memerlukan waktu.
Kesimpulan: Sebagian online marketer, termasuk pemilik SEO Elite, mereka merekomendasikan untuk membeli link seperti ini. Tapi menurut saya, ini hanya membuang uang, karena sifatnya hanya sementara. Kalau ada uang, lebih baik kita belikan alat seperti SEO Elite yang bisa kita miliki selamanya, dan bisa memberikan manfaat untuk jangka waktu yang panjang dan tidak sementara.
Saya menulis tentang pembelian link ini hanya untuk memberitahu panduan-interneters bahwa cara seperti ini memang ada, tapi tidak begitu saya rekomendasikan berhubung sifatnya yang sementara dan dananya cukup besar.


Tip #4
Cara Lain Untuk Mendapatkan “One Way Link Back” / Link Popularity
Sekarang kita akan mempelajari beberapa strategi yang sering digunakan oleh para marketer untuk mendapatkan one way link back / meningkatkan Link Popularity.
Catatan: Pada dasarnya prinsip ‘saling nge-link’ atau Link Exchage, di mana situs lain nge-link ke situs kita dan juga sebaliknya, merupakan prinsip yang sah-sah saja kita lakukan untuk meningkatkan popularitas situs kita di mata Search Engine.
Tapi memang akan lebih bagus kalau yang terjadi sebaliknya, yaitu ada banyak situs lain dengan Page Rank yang tinggi nge-link ke situs kita tanpa kita nge-link balik ke situs mereka.
Pertanyaannya, bagaimana caranya kita bisa mendapatkan link satu arah sementara situs kita masih baru? Apakah ada cara lain untuk mendapatkan link satu arah selain kita harus membeli link yang di bahas di Tips #3?
Berikut adalah yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan link satu arah:
• Menulis Artikel Sendiri
• Menggunakan Press Release
• Memberikan Testimonials/Kesaksian Akan Suatu Produk.
• Beri Alasan Kenapa Mereka Patut Memberikan Linknya ke Situs Kita
• Berpartisipasi Dalam Beberapa Forum Diskusi Yang Tepat
• Submit Situs Kita Ke Banyak Directories (+ Lihat Tips #5)
Untuk lebih jelas lagi, saya akan bahas satu per satu.
4.1 Menulis Artikel Sendiri
Artikel bisa dijadikan sebagai alat ampuh untuk mendapatkan link satu arah secara gratis dalam jumlah yang banyak.
Pertama, kita harus memperhatikan dari segi isi artikel tersebut. Usahakan untuk membuat artikel yang berkualitas dengan gaya penulisan yang bagus dan isi yang menarik. Tidak akan ada orang yang tertarik jika kita membuat artikel yang asal-asalan, tanpa riset atau tanpa menelaah lebih jauh dari segi
pemilihan kata dan susunannya.


Kesuksesan suatu artikel yang telah kita buat bisa ditandai dengan banyaknya orang yang tertarik untuk membaca artikel kita, hingga mereka menempelkan artikel kita di situs mereka berikut link/URL situs kita, untuk mereka sebarkan pada yang lain.
Sebagai contoh, coba panduan-interneters pergi ke www.Google.com dan lalu ketikkan beberapa judul artikel milik saya di bawah:
• “How NOT to Design an Email Campaign by Anne Ahira”.
• “Seven Secrets For A Better Website by Anne Ahira”
panduan-interneters akan melihat, ada ratusan situs lain yang memuat artikel saya, tapi saya tidak nge-link balik ke situs mereka. Cara seperti di atas akan memberikan peluang untuk robot berfikir bahwa situs kita itu penting.
Saya memiliki puluhan artikel yang dimuat banyak di situs orang lain, ada yang sengaja saya submit sendiri ke direktori artikel, ada juga pemilik Newsletter yang dengan sendirinya memakai artikel saya untuk keperluan publikasinya, dan ini telah membantu saya untuk mendapatkan ‘one way link back’ untuk meningkatkan popularitas situs utama saya.
Tentu saja saya melakukannya bertahap. Dulu Saya juga tidak becus menulis, tapi setahap demi setahap, latihan, jadi bisa deh. ☺
4.2 Gunakan Press Release
Kita bisa menulis Press Release singkat yang memuat informasi berharga misalnya tentang hal-hal yang bermanfaat dari produk yang kita jual atau penjelasan tentang situs baru kita. Tulis Press Release dengan gaya bahasa yang menarik, mudah dipahami oleh orang lain dan memuat kata kunci utama situs kita!
Kita bisa mengirimkan Press Release tersebut ke beberapa Press Release Wires Gratis. Lumayan Page Rank nya tinggi lho! ☺ Di antaranya adalah :
• http://www.ClickPress.com
• http://www.Click2NewSites.com
• http://www.Free-Press-Release.com
• http://www.i-NewsWire.com
• http://www.Press-World.com
• http://www.PRLeap.com
• http://www.PRWeb.com
• http://Press.XTVWorld.com
Kalau Press Release kita menarik, maka bisa diambil oleh ratusan situs lain sehingga kita bisa kebanjiran link satu arah! Kesimpulan: Press Release yang menarik bisa memberikan kesempatan yang besar bagi situs kita untuk memperoleh link partner yang berkualitas.


4.3 Berikan Testimonials/Kesaksian Akan Suatu Produk
Kalau kita membeli produk online dan situsnya masih berhubungan dengan situs kita, kita bisa coba memberikan testimonial. Siapa tahu testimonial kita yang berisikan URL akan dimuat di situs utama pemilik produk. ;-)
Pemilik produk atau jasa biasanya akan senang bila menerima pujian dari kliennya.
Kalau Anda punya pengalaman yang baik ketika belajar bersama saya, coba tulis testimonial atau pengalaman Anda tersebut, siapa tahu nanti akan saya simpan di halaman utama situs saya bersama link URL Anda. Dan itu juga merupakan ‘One Way Back Link’ untuk Anda. ;-)
4.4 Beri Alasan Kenapa Mereka Patut Nge-Link Ke Situs Kita
Blog dan Newsletter merupakan alat yang bisa kita pakai untuk memberikan ‘alasan’ kenapa orang lain patut nge-link ke situs kita. Sebuah tulisan yang kontroversi kadang bisa memancing pemilik situs lain untuk nge-link ke situs kita!
Intinya, kalau Blog atau Newsletter kita menarik, dengan sendirinya, pemilik Blog lain yang temanya sama akan nge-link ke situs kita tanpa diminta, dan merekomendasikan apa yang kita tulis di Blog kita kepada pengunjung mereka!
4.5 Berpartisipasi Dalam Beberapa Forum Diskusi Yang Tepat
Saat masih pemula, saya banyak aktif di forum-forum diskusi online. Forum diskusi memiliki peranan yang penting untuk mempermudah kita mendapatkan traffic gratis.
Melalui forum diskusi ini kita bisa menempatkan link situs kita di setiap email yang kita posting di forum tersebut pada bagian signature. Dan ini merupakan ‘back link’ satu arah untuk kita!
Catatan: ada forum yang tidak mengijinkan kita untuk meninggalkan signature berisi link ke situs kita. Untuk itu panduan-interneters harus hati-hati sebelum posting dan meninggalkan link ke situs utama.
Sebelum posting, lihat dulu situasinya, dan baca peraturan yang ada. Jangan asal posting hanya untuk sekedar mendapatkan Back Link. Ini tidak sopan. Beri komunitas forum informasi yang berguna, supaya Anda disenangi, dan traffic gratis akan datang dengan sendirinya, baik itu dari Back Link, ataupun traffic dari komunitas forum itu sendiri.


Semakin banyak kita mengikuti forum diskusi yang berhubungan dengan tema situs kita, maka peluang kita untuk mendapatkan back link dan traffic gratis dari komunitas tersebut akan semakin besar.
Kita bisa menemukan forum diskusi yang sesuai dengan tema situs kita dengan cara ‘search’ di google atau dengan mengunjungi :
• http://groups.google.com
• http://groups.yahoo.com
• http://www.big-boards.com
• http://www.network54.com/Search
4.6 Submit Situs Kita Ke Directories
Kita bisa submit (mengirimkan) situs kita ke direktori-direktori online. Coba cari Directories yang sesuai dengan topik situs kita.
Ingat, submit URL ke direktori bukan untuk mendapatkan traffic langsung dari direktori, melainkan untuk meningkatkan ‘popularitas’ website kita di mata Search Engine robot. Kebanyakan orang Indonesia berfikir, saat mereka telah submit URL situs mereka ke direktori, mereka akan mendapatkan pengunjung gratis dari direktori tersebut. Kenyataannya tidak seperti itu!
Jarang sekali calon customer pergi ke direktori untuk mencari apa yang mereka inginkan. Kebanyakan orang biasa pergi ke Search Engine- Search Engine besar seperti Google.com dan Yahoo.com untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Dan lewat Search Engine inilah kita mengharapkan untuk mendapatkan traffic melalui kata kunci yang kita target!
Jadi sekali lagi, tujuan utama kita submit URL ke directories bukan untuk mendapatkan traffic langsung, tapi untuk mendapatkan ‘back link’ satu arah yang akan meningkatkan Link Popularity kita, karena kebanyakan situs-situs direktori ini mempunyai Page Rank yang tinggi.
Saya kira panduan-interneters sekarang sudah paham tentang kegiatan Off-Page Optimization, tinggal dipraktekkan. ☺
Mengenai cara mana yang mau dilakukan untuk mendapatkan back links itu semua tergantung dari kenyamanan masing-masing. Apakah mencari Link Partners secara manual atau dengan bantuan alat seperti SEO elite? Atau menulis artikel dan submit URL ke direktori-direktori? Atau bahkan membeli link dari situs lain dan membuat Press Release?
Menurut saya, lebih baik dicoba semuanya. Rasakan tingkat kesulitan masing-masing cara. Kita tidak pernah tahu yang mana yang cocok untuk kita kecuali kita sudah mencobanya satu per satu.


Kalau bagi saya sekarang lebih cocok menulis artikel, dulu saat pemula, saya lebih senang mengirimkan URL saya ke direktori-direktori dan mencari link partners untuk link exchange. Mungkin panduan-interneters juga akan melakukan hal yang sama.
Yang penting tujuannya sama, dapatkan back links yang bagus yang bisa membuat situs kita menjadi ‘terkenal’ di mata robot. Usahakan untuk selalu selektif saat mencari calon link partners. Biar lambat, tapi selamat! ☺
Sekarang Anda tahu kenapa Google membuat Sand Box, karena pada dasarnya untuk mencari link partners dengan kriteria yang sudah saya terangkan tadi tidak semudah membalikan telapak tangan, bukan?
Itu sebab kalau situs kita optimis terlalu cepat dan terlalu sempurna dalam jarak waktu yang singkat, si robot akan menggiring kita ke penjara sementara mereka, karena situs kita termasuk situs yang aneh. ☺
Lakukan tip-tip SEO yang saya ajarkan, mau secara cepat atau lambat, bila dilakukan dengan benar, yakin satu saat situsnya akan melejit di Search Engine! ;-)

Tip #5 7 Cara Membuat SiteMap Yang Baik
Apa itu SiteMap?
Seperti yang ditulis ‘SiteMap’ = Peta situs.
Kalau kita pergi ke Mall, di bagian Lobby Mall, kita biasa menemukan ‘Peta Mall’ yang memberikan gambaran seperti di lantai 1 ada toko apa saja, di lantai 2, 3, 4, dan seterusnya!
Peta tersebut bisa membantu para pengunjung untuk mengetahui di Mall tersebut ada toko apa saja, dan di lantai mana apa yang mereka inginkan itu ada.
Nah, begitu juga SiteMap sebuah situs.
SiteMap biasanya merupakan kumpulan link yang berperan sebagai ‘peta’ untuk menunjukkan di situs kita itu ada apa saja. Peta ini baik untuk ‘manusia’ juga baik untuk ‘robot’.
Dengan adanya SiteMap, bisa mempermudah Robot Searh Engine untuk mengetahui ada berapa halaman situs kita dan akan dengan mudah untuk meng-index halaman-halaman tersebut di Search Engine mereka.
Untuk lebih jelas SiteMap itu seperti apa, ini dia beberapa contoh yang bagus untuk halaman SiteMap, dan bisa kita tiru ;-)
http://www.google.com/sitemap.html
http://www.apple.com/find/sitemap.html
http://finance.yahoo.com/sm
7 Cara Membuat SiteMap Yang Baik
1. Buat SiteMap yang sederhana dengan menggunakan HTML basic, karena HTML basic ini lebih ‘Search Engine Friendly’. Hindari pembuatan SiteMap yang menggunakan Java Script atau DHTML.
2. Beberapa ahli SEO pernah mengatakan bahwa lebih baik kita menghindari SiteMap yang isinya hanya ‘link saja’, karena beberapa Search Engine tidak akan meng-index halaman yang isinya link saja. Salah satunya adalah Search Engine AltaVisa.com. Jadi usahakan untuk menambahkan beberapa text di halaman Site Map. Kurang lebih seperti contoh di halaman berikutnya:


How To Choose That Special Wedding Gift
Here are some things that are completely suitable as wedding gifts but are not often given. Any of them will be sure to speak to the couple and say that you pay enough attention to give something very different... read more about unique wedding gift
Catatan: Meski banyak ahli SEO yang mengatakan lebih baik kita beri setiap link yang ada di SiteMap sedikit penjelasan yang memuat kata kunci utama seperti di atas, tapi kok saya perhatikan Google SiteMap isinya link semua. ☺
Meski demikian, saya pikir para ahli SEO itu benar adanya. Lebih baik kita memberikan deskripsi singkat tentang segala sesuatu yang ada di SiteMap kita, karena itu bisa membantu pengunjung kita lebih paham link tersebut tentang apa, dan juga memberi kita kesempatan untuk menambahkan ‘kata kunci’ yang kita target.
3. Kalau situs kita tidak punya banyak halaman, buat setiap halaman untuk nge-link satu sama lain. Contohnya seperti: www.1st-in-wedding.com saya buat setiap artikel nge-link satu sama lain.
Tapi kalau situs kita terdiri dari banyak halaman, cukup setiap halaman itu nge-link ke halaman utama atau artikel utama yang berhubungan di situs kita. Dari sana, robot Search Engine akan menemukan ‘jalur’ ke halaman-halaman situs kita lainnya!
4. Di dalam SiteMap, gunakan kata kunci yang memang kita bidik di halaman bersangkutan. Contoh di bawah merupakan bagian dari SiteMap saya, di mana saya membidik kata kunci ‘wedding gift’.
How To Choose That Special Wedding Gift
Here are some things that are completely suitable as wedding gifts but are not often given. Any of them will be sure to speak to the couple and say that you pay enough attention to give something very different... read more about unique wedding gift
5. Gunakan achor text di dalam SiteMap. Seperti contoh di atas, link dalam SiteMap saya mengandung kata kunci (wedding gift) yang saya jadikan sebuah text link (anchor text).
6. Link menuju SiteMap harus ada di setiap halaman, terutama di halaman utama situs. Ini akan membantu mempercepat Robot untuk mengetahui ada berapa banyak sisa halaman situs kita dan mempercepat meng-index semua halaman pada Search Engine mereka.
Kalau situs kita baru, dan robot ‘datang’ pertama kali, dia biasanya hanya akan mengunjungi halaman utama situs kita dan lalu pergi. Setelah beberapa minggu atau beberapa bulan dia akan kembali lagi dan membaca situs kita lagi untuk menentukan apakah situs kita layak di-index di Search Engine mereka atau tidak.
Nah, yang bagus adalah, pada saat robot datang pertama kali, dia akan ‘membaca’ bahwa di sana ada SiteMap, yang berarti kita punya halaman lain selain halaman utama yang dia kunjungi, dan ini bisa memancing dia untuk kembali lebih cepat dibandingkan kita membiarkan dia untuk mencari sisa halaman yang ada dengan sendirinya.
Jadi, berbaik-baiklah sama robot. Beri dia petunjuk melalui SiteMap supaya beliau tidak nyasar dan tidak kapok datang ke situs kita. ☺
Satu tips lain yang saya dapatkan dari relasi bisnis saya, dan pernah saya coba, ternyata betul! ☺
Kita sering mendengar, bahwa robot Search Engine itu suka sekali situs yang sering di-update! Tapi pertanyaannya, bagaimana kalau kita tidak punya materi baru? Apa yang mau di update?
Nah, teman saya bilang, upload saja lagi semua file situs kita! Meski tidak ada perubahan, tapi khan di ‘server’ menunjukkan waktu upload yang berbeda, dan ini akan memancing robot untuk datang kembali ke situs kita. Dia mungkin berpikir situs kita baru di-update, padahal isinya sama. Dasar robot yang bodoh! ☺
Saya pernah mencobanya, dan mengupload file yang sama berkali-kali. Memang betul, robot datangnya lebih sering! Coba saja panduan-interneters lakukan hal yang sama. Mudah-mudahan robotnya masih bodoh! ☺
7. Robot membatasi berapa jumlah link yang dapat mereka kunjungi dalam satu halaman. Seperti Google, mereka menyarankan untuk tidak menyimpan lebih dari 100 link dalam satu halaman. Kalau halaman kita lebih dari 100 link, mereka menyarankan untuk membaginya menjadi beberapa SiteMap.
Saya sendiri lebih menyarankan panduan-interneters untuk membatasi jumlah link di dalam SiteMap sebanyak 50-75 buah dan mengatur penyimpanan link berdasarkan yang terpenting. Jangan sampai misalnya link tentang ‘Privacy Policy’ atau ‘About Us’ disimpan paling atas di bagian SiteMap.
Simpan link yang memuat topik utama di bagian paling atas SiteMap, karena kita ingin robot mengunjungi halaman tersebut dan meng-index nya secepat mungkin, bukan?
Okay, sekian pelajaran SEO dari saya. Bila ada pertanyaan seputar pelajaran SEO, jangan sungkan untuk bertanya melalui www.panduan-interneters.blogspot.com atau ke mailing list panduan-interneters.
Ingat, ilmu SEO ini terus berkembang. Meski tidak signifikan, tapi di luar sana selalu ada perkembangan. Oleh sebab itu, setiap perkembangan dan perubahan PLUS ilmu tambahan yang menyangkut SEO akan saya posting di panduan-interneters Advanced Marketing Strategies (Anne Ahira Online Marketing Jurnal).
Oh ya! Jangan lupa untuk mengunjungi:
http://www.google.com/intl/vi/webmasters/guidelines.html sebagai informasi tambahan mengenai cara-cara dam peraturan yang Google tetapkan untuk para webmaster bila ingin situs mereka di-index di Search Engine mereka.
Semoga ilmu saya bermanfaat untuk Anda! ☺
Selamat ber-SEO ria! ☺
BONUS:
Kumpulan Directories Online Yang Menerima Submit URL Gratis:
• US Open Directory Project http://www.dmoz.com
• Google Search http://www.google.com/addurl
• Yahoo Search http://docs.yahoo.com/info/suggest
• Citysearch http://selfenroll.citysearch.com/Enroll_Start.asp?Agent=citysearch&Feed=default
• Yahoo! Argentina http://ar.docs.yahoo.com/info/sugerir.html
• Asia Yahoo! Asia http://asia.docs.yahoo.com/info/suggest
• Australia NineMSN Search http://au.zeal.com
• Australia OzSearch http://search.oznetwork.com.au/search/tips.html
• Australia Yahoo! Australia & NZ http://au.rd.yahoo.com/f/su
• Yahoo! Brazil http://add.br.yahoo.com/fast/add?2086175535+BR
• Canada CanadianOne Business http://www.canadaone.com/business/addurl.html
• Canada CanadianOne http://www.canadaone.com/business/suggest.html
• Canada CANLinks http://www.canlinks.net/addalink
• Canada MSN Canada Search http://ca.zeal.com


• Canada Sympatico http://pre.sympatico.ca/en/search/submit.html
• Canada Yahoo! Canada http://ca.rd.yahoo.com/home/bpl http://help.yahoo.com/help/ca/url
• Catalan Yahoo! Catalan http://ct.docs.yahoo.com/info/suggerir.html
• China Yahoo! China http://cn.yahoo.com/docs/info/suggest.html
• Yahoo! Denmark http://dk.docs.yahoo.com/express/splash.html
• MSN France Search http://search2.msn.fr/suggestions/fr/default.asp
• Yahoo! France http://fr.docs.yahoo.com/info/suggest/splashyexhp.html
• Yahoo! Germany http://de.docs.yahoo.com/info/yexpress/splash.html
• MSN Hong Kong Search http://msn.openfind.com.tw/MSN/submit-hk.htm
• Yahoo! Hong Kong http://hk.yahoo.com/docs/info/suggest.html
• Yahoo! Japan http://help.yahoo.co.jp/help/jp/url/url-04.html
• Yahoo! Korea http://kr.suggest.yahoo.com
• Yahoo! Mexico http://mx.yahoo.com/docs/info/sugerir.html
• Yahoo! Norway http://add.europe.yahoo.com/bin/add?2000226956+NO
• Rus. Fed. MavicaNET http://www.mavicanet.com
• Yahoo! Singapore http://sg.docs.yahoo.com/info/suggest
• Yahoo! Spain http://es.docs.yahoo.com/info/sugerir.html
Yahoo! Sweden http://se.docs.yahoo.com/express/splash.html
• Switzerland SearchEngine.com http://www.searchengine.com/List_Your_Site/Basic_Submit
• MSN Taiwan Search http://msn.openfind.com.tw/MSN/submit-home.htm
• Yahoo! Taiwan http://add.yahoo.com/fast/add?69349243+TW
• UK 192 Directory http://www.192directory.co.uk/forms/submit.htm
• UK Gimpsy http://www.gimpsy.com/gimpsy/searcher/suggest.php
• UK HotBot UK http://www.hotbot.lycos.co.uk/submit.html
• UK Mirago http://www.mirago.co.uk/regions/default.asp
• UK Splut http://www.splut.com/cgibin/suggest.cgi?type=site&level=000
• UK Yahoo! UK & Ireland http://uk.docs.yahoo.com/ukie/express/splash.html
• US 2kCity http://www.2kcity.com/search/addurl.asp
• US About.com http://www.about.com/gi/pages/homehc.htm#c4
• US Aeiwi http://www.aeiwi.com/submit.html
• US Aesop http://www.aesop.com/cgi-bin/sub/submiturl.cgi
• US Alexa http://pages.alexa.com/help/webmasters/index.html
• US AllTheWeb http://www.alltheweb.com/add_url.php
• US AltaVista http://addurl.altavista.com/addurl/new

US Bhanvad http://www.bhanvad.com/index.php?t=rregistration
• US Blue Web 'N http://www.kn.pacbell.com/wired/bluewebn/suggesturl.cfm
• US Cipinet http://www.cipinet.com/addurl.html
• US Claymont http://www.claymont.com/login/login.asp
• US Clickey http://www.clickey.com/signup.shtml
• US Ditto http://www.ditto.com/addurl.asp
• US Education Index http://www.educationindex.com
• US Education World http://www.education-world.com/navigatio-dd_url_form.shtml
• US Entireweb http://www.entireweb.com/eng/basic
• US ExactSeek http://www.exactseek.com/add.html
• US FindInfo http://www.findinfo.com/submit.htm
• US Froogle http://froogle.google.com/froogle/merchants.html
• US GamblingSeek http://gamblingseek.com/cgi-bin/addurl.cgi
• US Go.com http://www.google.com/addurl.html
• US GoGuides http://www.goguides.org/info/addurl.htm
• US Google http://www.google.com/addurl.html
• US Google Catalogs http://catalogs.google.com/googlecatalogs/catalog_vendors.html#add
US Google Image Search http://images.google.com/addurl.html
• US Google News http://www.google.com/help/about_news_search.html
• US HotBot http://insite.lycos.com/searchservices/ssecrm_homepage.asp?func=free
• US HumorSeek http://humorseek.com/cgi-bin/addurl.cgi
• US Inktomi http://free.submit-it.com/msnsubmit.htm
• US Internet Archive http://pages.alexa.com/help/webmasters
• US Internet Public Library http://www.ipl.org/div/contact
• US iWon http://www.google.com/addurl.html
• US Jayde http://search.jayde.com/cgi-bin/submit.cgi
• US JoeAnt http://www.joeant.com/suggest.html
• US LibrarySpot http://www.libraryspot.com/suggest.htm
• US Librians' Index to the http://lii.org/search?suggest=1
• US Lycos http://insite.lycos.com
• US Mallpark http://www2.mallpark.com/MS/MSIndex.cfm
• US Medology http://www.medology.com/addurl.htm
• US MixCat http://www.mixcat.com/addurl.html
• US MSN US Search http://www.zeal.com/users/non_profit.jhtml
• US My Global Website http://directory.myglobalwebsite.com/cgi-bin/request.cgi
• US NationalDirectory http://www.nationaldirectory.com/addurl
• US Nerd Wide Web http://www.nerdworld.com/ww_add_a_link.html
• US NetInsert http://www.netinsert.com/en/insert.html
• US PageSeeker https://secure.pageseeker.com/signup.htm
• US Prime Find http://www.primefind.net/add-a-site.html
• US QuestFinder http://www.questfinder.com/search/s-ctm.cgi?s-addurl.ctm
• US Refdesk http://www.refdesk.com/criteria.html
• US REX http://rex.skyline.net/add
• US Scrub The Web http://www.scrubtheweb.com/addurl.html
• US SearchHippo http://www.searchhippo.com/addlink.php
• US SearchIt http://www.searchit.com/addurl.htm
• US SeekOn http://www.seekon.com/addurl.html
• US SeekOn/Local http://www.seekon.com/faq.html#listing
• US SirLinksalot http://www.sirlinksalot.net/suggest.html
• US Splat! Search http://www.splatsearch.com/submit.html
• US Subjex http://www.subjex.net/submit_url.html
• US TravellerSeek http://travellerseek.com/cgi-bin/addurl.cgi
• US TrueSearch http://www.truesearch.com/addurl
• US TryAmerica http://www.tryamerica.com/AddURL.htm
• US TurnPike Emporium Directory http://www.turnpike.net/directory.html?getentry
• US Walhello http://www.walhello.com/addlinkgl.html
• US Web World Index http://www.webworldindex.com/submit.htm
• US Websquash http://www.websquash.com/cgi-bin/search/search.pl?Mode=AnonAdd
• US WhatUSeek http://www.whatuseek.com/addurl-secondary.shtml
• US Wisenut http://www.wisenut.com/submit.html
• US WWW Riot http://www.dxpnet.com/riot/submit.asp
• US Yahoo! http://submit.search.yahoo.com/free/request
• US Yahoo! Directory http://www.yahoo.com/r/ad
• US Yahoo! U.S. in Chinese http://chinese.yahoo.com/docs/info/suggest.html
• US Yahoo! U.S. in Spanish http://e1.docs.yahoo.com/info/sugerir.html
• US Yahooligans! http://add.yahoo.com/fast/add?+Kids
• US Zeal http://www.zeal.com/guidelines/user

No comments: